I. Sejarah dan Pengertian PBX
II. Fungsi dan Cara kerja PBX
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Fungsi PBX
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
d. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
B. Cara Kerja PBX
Sistem
telepon bisnis telah lama dalam perkembangan mereka ke mana mereka
berada sekarang, berkembang dari sistem kunci sederhana yang memerlukan
beberapa saluran telepon untuk virtual PBX (PABX) yang ada di dunia maya
dan fungsi dalam hubungannya dengan perusahaan ada data transfer.
Beberapa
sistem populer telepon pertama yang "1A2 Key System". Ini bervariasi
dan memiliki pemahaman perusahaan di pasar selama bertahun-tahun di
sekitar tahun 1950-an. KSU (kunci Layanan Unit) bertindak sebagai unit
kontrol pusat dan panggilan yang Dialihkan dari sana melalui mekanisme
fisik yang terkandung dalam telepon. Ini diizinkan fitur seperti
interkom services dan terus fitur dengan musik. Fitur sederhana ini
dapat dicapai secara baris demi baris oleh hardwiringbackplane ke unit
kontrol pusat. Fitur lampu untuk setiap baris memungkinkan pengguna
untuk dengan cepat menentukan status semua saluran telepon.
PBX
pertama kali digunakan untuk menggambarkan "sistem kunci" seperti mana
switchboards dijalankan dengan tangan. PBX secara bertahap mulai
menggunakan sistem otomatis bukan operator. Ini menjadi lebih umum,
istilah PABX (automatic PABX) dan PMBX (manual PABX) datang untuk
membedakan antara kedua sistem. EPABX (elektronik automatic PABX) juga
digunakan untuk menggambarkan berbagai sistem digital.
Jadi,
PBX (private branch exchange) adalah suatu perangkat keras elektronik
telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara
bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and
incoming). Pengertian lainnya, PBX (private branch exchange) adalah
sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di
gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai
internet perusahaan tersebut.
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Fungsi PBX
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
b.
Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke
karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
c. Layanan otomatis nada tunggud. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
m. Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonferensi)
n. DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
o. Follow-me
merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab
atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini
dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
p. Respon interaktif suaraB. Cara Kerja PBX
Sebuah
sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP,
baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan
mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar
semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan
dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute
panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan
VOIP.
III. Perbedaan PBX dengan PABX
A. PBX
PBX
untuk pembai atau pengatur antara bagian internal dengan external, dan
menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP, Teknologi ini
mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan
keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan
semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu
mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah
IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP –
sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.
B. PABX
Perangkat
PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan
ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan
penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor
extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki
beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard.
Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX,
karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang
dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena
dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa
digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
V. Perangkat yang mendukung PBX
a. Voicemail dan Voice conference
Voice Mail System (juga dikenal sebagai voice mail, pesan suara atau
bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna
dan pelanggan untuk bertukar pribadi pesan suara ; untuk memilih dan
menyampaikan informasi suara; dan untuk memproses transaksi yang
berkaitan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, dengan
menggunakan telepon biasa.
b. Interactive Voice Response (IVR)
Respon
suara interaktif (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan komputer
untuk berinteraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada
input melalui keypad.
Dalam telekomunikasi, IVR
memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem host perusahaan
melalui tombol telepon atau dengan pengenalan suara, setelah itu mereka
dapat melayani pertanyaan mereka sendiri dengan mengikuti dialog IVR.
Sistem IVR dapat merespon dengan rekaman atau dinamis audio ke pengguna
langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan. aplikasi IVR dapat
digunakan untuk mengontrol hampir semua fungsi di mana antarmuka dapat
dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana. sistem IVR dikerahkan
dalam jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan besar.
c. Automatic Call Distribution (ACD)
Panggilan
otomatis distributor (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis,
adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke
kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan pelanggan,
nomor telepon pelanggan, operator jalur masuk ke sistem, atau waktu
panggilan diproses. Hal ini sering bagian dari komputer integrasi
telepon (CTI) sistem.
d. Computer Telephony Integration
Komputer
integrasi telepon, juga disebut integrasi komputer-telepon atau CTI,
adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan interaksi pada
telepon dan komputer untuk diintegrasikan atau dikoordinasikan. Istilah
ini terutama digunakan untuk menggambarkan desktop yang interaksi
berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien.
e. Unified Messaging System (UMS)
Terpadu
messaging system (atau UMS) adalah pemasaran kata kunci yang
menggambarkan upaya mengintegrasikan elektronik yang berbeda messaging
dan komunikasi media yang ( e-mail , SMS , fax , pesan suara , pesan
video , dll) teknologi ke dalam satu antarmuka, dapat diakses dari
berbagai berbeda perangkat. Sementara sistem komunikasi tradisional
menyampaikan pesan ke dalam beberapa jenis toko seperti voicemail
sistem, server e-mail, dan berdiri sendiri mesin fax, dengan Unified
Messaging semua jenis pesan disimpan dalam satu sistem. pesan voicemail,
misalnya, dapat disampaikan langsung ke inbox pengguna dan bermain baik
melalui headset atau speaker komputer.
f. Fax Server & Fax on Demand
Sebuah
server faks adalah sistem dipasang di jaringan area lokal (LAN) server
yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN
untuk mengirim dan menerima pesan fax.
g. Call Recording System
h. Billing System
Sistem
billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan
mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada dasarnya sistem billing
merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software.
i. Web-based Management System.
Perangkat
lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan
informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan
yang dapat diakses di Internet. manajemen proyek memerlukan proses
seperti penjadwalan, menghitung jalur kritis, membangun jadwal, membuat
daftar tugas, mengelola sumber daya, pengendalian dokumen dan memberikan
jejak audit. Masing-masing proses dapat dikontrol dan kadang-kadang
otomatis melalui solusi software manajemen proyek.
Kebutuhan Bagian Komunikasi Pbx Pada Server Softswitch
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC
atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi untuk
mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi
elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan
karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling
gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan
jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan
SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh
mekanismepensinyalan SS7.
3. Media Gateway (MG)
Media
gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam
jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari
jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan
akses pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access
gateway
Trunk gateway adalah mediagateway yang
menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik
dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan
proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang
berbeda beda, baik format sinyalt rafik maupun signalling atau
protokolnya.
Access gateway adalah media gateway yang
menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan
softswitchdengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media
server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan
kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal
processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas
itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani
oleh suatu Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah
media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau
pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leasedcircuit,
v.52, DSL, HFC, dan radio akses.
5. Feature Server
Untuk
Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing,
multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan
layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch
tersebut. Contoh :gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah
elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan
jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing,
monitoring,statistik, dll.
VI. Troubleshoot PBX
A. Trouble Shoot PBX
Yang Anda butuhkan
• Komputer
• Program akses remote
• izin administratif
Langkah-langkahnya seperti berikut :
- Periksa
koneksi ke perangkat beroperasi pada PBX. Ini mencakup semua kabel
telepon, terutama kabel utama yang berjalan dari dinding ke konektor
yang terletak di bagian belakang yang paling konsol.
- Reset
perangkat PBX. Cabut kabel utama yang dijelaskan pada Langkah 1 untuk
satu menit. Hubungkan kembali kabel dan panggilan tes inbound dan
outbound. Jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke Langkah 3.
- Log
on ke program akses komputer radio PBX sebagai administrator. Jika Anda
tidak memiliki hak akses administratif, Anda tidak dapat mengakses
pengaturan yang diperlukan untuk melanjutkan pemecahan masalah PBX.
- Cari
dan klik "Pemeliharaan" pilihan di bagian atas layar. Gulir ke "Event
Log" dan klik untuk melihat kesalahan yang dikenal dengan PBX Anda.
Gulir sepenuhnya melalui daftar karena beberapa jenis acara akan
terdaftar. Gunakan "Filter" pilihan untuk mengatur preferensi untuk
pesan yang terdaftar.
- Klik
dua kali pesan kesalahan untuk melihat rincian. Pesan-pesan ini
memberikan tanggal tertentu, waktu, dan rincian yang berkaitan dengan
kesalahan dalam PBX Anda dan status. Dari sini Anda dapat
mengidentifikasi penyebabnya dan memperbaiki kesalahan untuk PBX Anda.
- Tutup
"Event Log" dan segera membuka kembali. Klik "Filter" untuk mengatur
acara untuk tanggal saat ini. Ini akan menunjukkan jika kesalahan telah
diperbaiki. Jika kesalahan berlanjut, hubungi operator telepon layanan
Anda atau produsen perangkat PBX Anda untuk bantuan lebih lanjut.
- Log
out dari program akses remote ketika Anda selesai. Hal ini untuk
mencegah pengguna yang tidak sah untuk mengakses tugas-tugas
administratif dari PBX Anda.
B. Bagaimana Program PBX
.
Yang Anda butuhkan
- perangkat lunak komputer dan konektivitas
- panduan pengguna PBX
Langkah-Langkahnya sebagai berikut :
- Masuk
ke portal administrasi PBX dengan perangkat lunak komputer dan
konektivitas.Kebanyakan produsen memasok software ini untuk PBX dengan
pembelian sistem.
-
Mengatur sambung untuk sistem. Sambung memberitahu sistem apa yang
nomor ekstensi yang untuk memulai dan bagaimana untuk mendapatkan garis
luar, kode akses fitur dan jumlah untuk konsol petugas. Mengatur jumlah 9
untuk mendapatkan saluran luar dan 0 untuk konsol operator.
- Mengkonfigurasi
parameter sistem dan kode akses fitur. parameter sistem mengatur musik
ditahan, caller id, sistem tanda bahaya dan berbagai pilihan pengobatan
panggilan. Kode akses fitur yang angka yang Anda dapat memanggil untuk
mengakses fitur sistem seperti konferensi, panggilan cepat, taman
panggilan, cakupan panggilan, panggilan pickup dan mentransfer panggilan
antara lain. Gunakan 1-3 digit angka dan memastikan mereka tidak dapat
ditemukan pada bagian angka yang Anda rencanakan untuk ekstensi.
- Mengatur
Kelas Pembatasan dan Kelas layanan tabel tables.These mengatur kelompok
izin untuk menetapkan ke pengguna. Izin adalah fitur seperti panggilan
jarak jauh, ketersediaan call forwarding, prioritas panggilan dan
lain-lain. Batasi panggilan jarak jauh hanya para pengguna yang
membutuhkan akses dengan tabel ini.
- Mengkonfigurasi
batang dan outbound routing. Batang adalah saluran telepon yang
digunakan untuk panggilan inbound dan outbound terhubung ke operator
pertukaran lokal, kadang-kadang disebut sebagai perusahaan telepon.
Mengaturnya dalam kelompok-kelompok. kelompok trunk adalah batang atau
saluran telepon yang melayani jenis yang sama dari panggilan.
Mengkonfigurasi mereka di panggilan lokal dan kelompok jarak jauh.
Mengatur routing sehingga perjalanan panggilan keluar keluar jalur
paling mahal.
- Mengkonfigurasi
perangkat lunak untuk telepon set di PBX. Mengatur port, jenis ponsel,
nama display, tombol fitur, penampilan line, menelepon izin dan tombol
panggilan cepat untuk setiap telepon Anda ingin menginstal.
- Mengatur
layanan lain seperti garis analog fax, telepon konferensi, konferensi
video, paging, musik ditahan, konektivitas IP dan layanan untuk agen
call center. layanan call center termasuk masuk routing, kelompok
berburu, memanggil vectoring, nomor identifikasi agen, tombol login dan
panggilan tunggu indikator. kelompok berburu adalah angka yang pelanggan
menelepon untuk layanan; sebut vectoring adalah petunjuk aliran
panggilan rinci antara kelompok berburu dan agen.
C. Cara menggunakan PBX sistem
PBX
telepon menawarkan banyak pilihan yang garis tanah biasa tidak
memiliki. Setelah ekstensi Anda sudah diatur, Anda dapat menggunakan
telepon Anda untuk meneruskan panggilan, mengirim surat suara ke alamat
email atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain.
Membuat
panggilan ke ekstensi lainnya pada jaringan PBX Anda hanya dengan
mengangkat gagang telepon dan menghubungi perpanjangan empat digit. Anda
juga dapat menghubungi saluran luar dengan menekan 0 atau 1, tergantung
pada konfigurasi sistem anda, maka nomor 10-digit.
Mengakses
pesan suara Anda dengan mengambil penerima, menekan tombol voice mail
dan panggilan kode keamanan Anda jika telah ditetapkan. Anda dapat
menyimpan atau menghapus pesan dengan menekan tombol menyala pada layar
telepon. Jika Anda jauh dari kantor Anda, menghubungi nomor telepon 10
digit dan tekan tombol tanda bintang ketika petugas otomatis mengambil,
kemudian masukkan kode keamanan Anda untuk mengakses pesan suara Anda.
Mentransfer
panggilan masuk ke ekstensi lain dengan menekan tombol "Trns" tombol
pada ponsel, maka panggilan ekstensi yang Anda ingin mengirim panggilan,
dan akhirnya gantung penerima. Hal ini berguna untuk ketika penelepon
memanggil ekstensi Anda dengan kesalahan. Ada dua metode untuk
mentransfer: buta mentransfer, ketika Anda tidak menunggu ekstensi untuk
menjemput, dan diawasi mentransfer, di mana Anda menunggu sampai
ekstensi mengambil sehingga Anda dapat memperkenalkan dua pihak.
Telepon
masuk ditahan dengan menekan tombol "Hold" dan menggantung penerima.Ini
akan menempatkan pemanggil ditahan untuk beberapa waktu sebelum telepon
berdering lagi, menandakan bahwa penelepon masih memegang. Tergantung
pada jenis ponsel dan sistem PBX yang Anda miliki, mungkin ada cahaya
yang berkedip pada layar telepon untuk membiarkan Anda tahu apa garis
penelepon adalah pada.
Masuk ke halaman Web
administrator dan berkonsultasi dengan panduan manual sistem anda
pengguna untuk menggunakan fitur lain dari sistem PBX spesifik Anda.
D. Cara menginstal sistem PBX Telepon
PBX
adalah singkatan dari "private branch exchange."Bisnis biasanya
menggunakan jenis jaringan telepon pribadi. Setelah terinstal, karyawan
berbagi sejumlah baris untuk membuat panggilan luar. Untuk menginstal
sistem PBX, Anda harus memiliki PBX konsol, bersama dengan kabel telepon
dan steker. Setelah Anda menginstal sistem, Anda harus mengujinya untuk
memastikan bekerja.
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Tancapkan kabel telepon ke konsol PBX Anda di input yang mengatakan, "Telephone Line."
- Hubungkan ujung lainnya ke soket. Hal ini memungkinkan sistem PBX Anda untuk mengirim dan menerima panggilan telepon.
- Pasang
konektor PBX ke dalam konsol. Pasang ujung lainnya ke stopkontak di
dinding.Tunggu sistem PBX Anda untuk menerangi. Ini memungkinkan Anda
tahu bahwa Anda telah menginstal sistem.
- Mengambil
receiver untuk membuat panggilan. Dial ekstensi atau nomor telepon yang
ingin dijangkau. Tunggu pemanggil untuk menjawab di ujung.
- Tunggu
sistem untuk menelepon dan menyala, yang berarti Anda memiliki
panggilan masuk. Mengangkat gagang telepon dan menjawab panggilan. Anda
juga dapat menekan "Intercom" atau "Hands Free" untuk menjawab
panggilan.
E. Cara Melihat kesalahan pada PBX
Troubleshooting
sistem telepon dapat menjadi pengalaman menakutkan. Nortel PBX sistem
yang kompleks, dan telah menjadi bahkan lebih menantang sebagai
teknologi
seperti Voice-over IP telah tumbuh dalam
popularitas. fitur tambahan dan pilihan juga telah ditambahkan ke
pengalaman melacak masalah sistem telepon intermiten atau sulit
dipahami. Bekerja dalam sistem manajer PBX setiap membutuhkan kesabaran
dan pengertian, dan perlu didekati dengan hati-hati. Informasi bisa
sulit untuk menemukan, tetapi mengakses dan membaca setiap sistem
kesalahan adalah tempat yang baik untuk memulai.
Yang Anda butuhkan
- akses jaringan Nortel PBX
- hak administratif
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Masuk
ke Nortel PBX dari konsol atau dengan mengakses server melalui produk
remote desktop seperti VNC. Meluncurkan manajer OTM dari shortcut
desktop dan login dengan kredensial administratif.
- Klik
"Maintenance" di bagian atas window manager OTM, kemudian pilih "Event
Log Viewer." Gulir melalui daftar pesan untuk menemukan kesalahan sistem
atau pesan. Klik dua kali pesan apapun untuk lebih jelasnya.
- Klik
"View" untuk mengaktifkan atau menonaktifkan informasi opsional dalam
daftar pesan. Klik "Filter" untuk mempersempit daftar kembali kesalahan
dan pesan berdasarkan kriteria yang dibutuhkan Anda. Tutup Event Log
Viewer ketika Anda selesai.
- Klik
dua kali shortcut yang mewakili organisasi Anda di manajer OTM untuk
membuka jendela baru. Klik tombol "Maintenance" di bagian atas jendela,
kemudian klik "Events" untuk memulai penampil. Tunggu pemirsa untuk
memuat acara, kemudian klik dua kali setiap listing untuk membaca lebih
detail. Tutup Event Viewer ketika Anda selesai.
F. Bagaimana hubungkan telepon ke PBX
Ada
3 tipe dasar telepon yang terhubung ke PBX, atau Swasta sistem Branch
Exchange. Mereka adalah analog, digital dan VoIP telepon set. PBX adalah
sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk
set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan. Kategori 5
kabel memungkinkan konektivitas ke semua tiga jenis ponsel dan memberi
Anda fleksibilitas untuk mengubah jenis perangkat di lokasi manapun
tanpa mengganti atau memodifikasi kabel tersebut.
Yang Anda butuhkan
- Datar dan obeng Phillips
- alat punch-down
- Kategori 5 kabel
- terminal blok atau patch panel
- konektor modular dan alat
Langkah langkahnya sebagai berikut :
- Cari
blok terminasi untuk sistem telepon PBX. Hal ini biasanya ditemukan
terhubung ke lembar kayu lapis dipasang di dinding sebelah sistem
telepon. Ini akan memiliki kabel yang terhubung ke dari PBX.
- Menemukan daerah untuk menginstal Kategori 5 jack telepon baru. Carilah jalur kembali ke daerah di mana titik terminasi berada.
- Pasang
jack telepon ke dinding di lokasi yang diinginkan. jack permukaan
digunakan di daerah-daerah yang ada dan siram gunung jack digunakan
dalam konstruksi baru.Gunakan obeng untuk menginstal jack flush mount
dan menginstal kotak listrik untuk konstruksi baru.
- Jalankan
Kategori kabel 5 komunikasi dari terminal blok PBX atau patch panel
untuk setiap lokasi jack. Memungkinkan 6 inci dari kelebihan kabel di
ujung jack dan kabel cukup di sisi terminal blok untuk konektivitas yang
tepat.
- Memeriksa
terminal blok. Menemukan pola dari layanan yang ada atau mencari
dokumentasi blok terminal. Hapus selubung dari ujung kabel dengan penari
telanjang kawat dan mengakhiri kabel ke blok dengan alat pukulan-down
dengan cara yang tepat. sistem kecil sering menggunakan modular patch
yang panel dan RJ45 konektor untuk penghentian stasiun. Mengeriting
konektor ini ke ujung-ujung kabel menggunakan alat crimping modular
memastikan kabel berada di urutan yang tepat.Pasangan biru dan putih
dianggap pasangan 1, oranye dan putih adalah pasangan 2, hijau dan putih
sepasang 3 dan coklat dan putih adalah pasangan 4.
- Hapus
sekitar enam inci dari selubung dari kabel di sisi jack. Hubungkan
pasang twisted biru dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih untuk
koneksi dua, hijau dan putih untuk koneksi tiga dan coklat dan putih
untuk koneksi empat. Banyak Kategori 5 jack kode warna, sehingga mudah
untuk dilakukan. Beberapa jack memerlukan penggunaan alat pukulan-down,
sementara yang lainnya memerlukan obeng datar atau Phillips untuk
menghubungkan kabel ke jack.
- Menghubungkan
sisi terminal blok kabel ke sisi layanan PBX, baik menggunakan
cross-connect atau Kategori 5 kabel patch yang. Jenis koneksi tergantung
pada jenis blok terminasi. telepon analog menggunakan satu pasang,
telepon digital menggunakan satu atau dua pasang dan telepon IP
menggunakan empat pasang untuk konektivitas.
- Sambungkan telepon ke jack baru dan tes untuk konektivitas.
G. Cara menghubungkan Telepon SIP ke PBX
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Menentukan
alamat IP bahwa ponsel SIP akan memiliki pada jaringan lokal Anda dan
nomor ekstensi internal yang akan Anda gunakan untuk telepon. Putuskan
apakah Anda akan menggunakan sandi otentikasi dengan telepon dan, jika
demikian, apa password akan.
- Mengakses
parameter setup pada telepon SIP. Masukkan alamat IP tetap telepon
harus memiliki pada jaringan, nomor ekstensi internal dan password jika
Anda menggunakan otentikasi.
- Login
ke panel administrasi PBX Anda sebagai administrator untuk menambahkan
rute untuk telepon SIP. Membuat ekstensi baru, masukkan nomor ekstensi,
password jika Anda menggunakan otentikasi dan alamat IP dari telepon
SIP.
- Mengatur
fitur lain yang terkait dengan ekstensi, seperti voice mail, call
forwarding dan merekam panggilan. Menyimpan perubahan dan restart
layanan telepon, jika perlu.
- Menguji
ponsel baru dengan memanggil ke dalam ekstensi dari ponsel dan dari
telepon internal untuk memastikan panggilan sedang diarahkan dengan
benar.
H. Cara Telepon PBX bekerja
PBX Set Up
Pada
abad ke-20, pertukaran cabang pribadi awalnya berlari pada teknologi
analog, tapi sekarang PBX sistem sudah digital. PBX umum meliputi
beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang berakhir pada pertukaran
perusahaan. Ia juga memiliki beberapa jalur internal yang mengarah ke
bursa ponsel dalam. Sebuah komputer mengelola panggilan, beralih mereka
dari satu baris ke yang lain sesuai dengan nomor yang dipanggil. Sebuah
PBX digital tidak memerlukan operator manusia, meskipun beberapa
perusahaan masih menggunakannya.
VoIP untuk PBX
Beberapa
bursa bergantung pada teknologi VoIP - Voice Over Internet Protocol.
sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon ke paket data dan
mengirimkannya melalui jaringan komputer. Sebuah perusahaan pengembalian
investasi menggunakan VoIP akan bervariasi tergantung pada layanan
telepon yang digunakannya. Dibandingkan dengan PBX biasa, VoIP atau
pemotongan tukar IP biaya karena perusahaan dapat menggunakan satu
jaringan untuk panggilan telepon dan data, bukan dua. Alih-alih
switchboard pusat, PBX memiliki server pusat. Telepon di kantor memiliki
perangkat lunak atau perangkat keras untuk menghubungkan ke server.
virtual PBX
Alih-alih
bisnis mendirikan pertukaran dalam gedung, sebuah PBX virtual ternyata
bahwa tanggung jawab ke perusahaan lain. Dari sudut bisnis pandang,
semuanya bekerja sama, tetapi tanpa salah satu teknologi di tempat.
Memiliki perusahaan lain menyediakan layanan virtual PBX menawarkan
beberapa keuntungan: Tidak ada batas fisik pada jumlah baris dan mudah
untuk menambahkan lebih banyak bila diperlukan.Virtual sistem PBX juga
dikenal sebagai host PBX.
Centrex
Bisnis
dapat mengelola sistem telepon mereka tanpa PBX. Sebuah Centrex -
pertukaran kantor pusat - memiliki perusahaan telepon memberikan setara
dengan PBX.Perusahaan telepon lokal cadangan bagian dari jaringan untuk
bisnis membayar untuk layanan Centrex. peralatan mungkin off-site,
seperti PBX virtual, atau dipasang pada tempat usaha. Either way, itu
tugas perusahaan telepon untuk mempertahankan dan meningkatkan itu,
bukan pelanggan.
VII. Konfigurasi pada IP PBX
IP
PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang
menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi
telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang
mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP
Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan,
pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol
komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta
pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway,
Access Gateway, dan Trunk Gateway.
Solusi berbasis
IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau
dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat
mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan
telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless
(DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
IP
PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi
teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi
yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah
Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR),
Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI),
Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call
Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.
IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC
R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line
E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog
FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP
(H.323/SIP/IAX).
makasih banyak min,
ReplyDeletesolder uap
sama sama
Deletesemoga bermanfaat :)
ReplyDeleteterimakasih atas infonya
ReplyDeletepinset lurus
Jenis jenis pbx apa ya?
ReplyDeleteElemen-elemen pembentuk arsitektur pbx apa kak?
ReplyDeleteit means yare yare daze
ReplyDelete