I. Sejarah dan Pengertian PBX
II. Fungsi dan Cara kerja PBX
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Fungsi PBX
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
d. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
  
B. Cara Kerja PBX
Sistem
 telepon bisnis telah lama dalam perkembangan mereka ke mana mereka 
berada sekarang, berkembang dari sistem kunci sederhana yang memerlukan 
beberapa saluran telepon untuk virtual PBX (PABX) yang ada di dunia maya
 dan fungsi dalam hubungannya dengan perusahaan ada data transfer. 
 Beberapa
 sistem populer telepon pertama yang "1A2 Key System". Ini bervariasi 
dan memiliki pemahaman perusahaan di pasar selama bertahun-tahun di 
sekitar tahun 1950-an. KSU (kunci Layanan Unit) bertindak sebagai unit 
kontrol pusat dan panggilan yang Dialihkan dari sana melalui mekanisme 
fisik yang terkandung dalam telepon. Ini diizinkan fitur seperti 
interkom services dan terus fitur dengan musik. Fitur sederhana ini 
dapat dicapai secara baris demi baris oleh hardwiringbackplane ke unit 
kontrol pusat. Fitur lampu untuk setiap baris memungkinkan pengguna 
untuk dengan cepat menentukan status semua saluran telepon. 
  PBX
 pertama kali digunakan untuk menggambarkan "sistem kunci" seperti mana 
switchboards dijalankan dengan tangan. PBX secara bertahap mulai 
menggunakan sistem otomatis bukan operator. Ini menjadi lebih umum, 
istilah PABX (automatic PABX) dan PMBX (manual PABX) datang untuk 
membedakan antara kedua sistem. EPABX (elektronik automatic PABX) juga 
digunakan untuk menggambarkan berbagai sistem digital. 
Jadi,
 PBX (private branch exchange) adalah suatu perangkat keras elektronik 
telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara 
bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and 
incoming). Pengertian lainnya, PBX (private branch exchange) adalah 
sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di 
gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai 
internet perusahaan tersebut.
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Fungsi PBX
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
b. 
 Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke 
karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
c. Layanan otomatis nada tunggud. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
m. Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonferensi)
n.  DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
o. Follow-me
 merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab 
atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini 
dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
p.  Respon interaktif suaraB. Cara Kerja PBX
 Sebuah
 sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX 
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
 Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, 
baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, 
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan 
mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar 
semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan 
dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute 
panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan 
VOIP.
III. Perbedaan PBX dengan PABX
A.      PBX
PBX
 untuk pembai atau pengatur antara bagian internal dengan external, dan 
menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP, Teknologi ini 
mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan 
keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan 
semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu 
mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah 
IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – 
sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.
B.     PABX
Perangkat
 PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan 
ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan 
penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor 
extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki 
beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. 
Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, 
karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang 
dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena 
dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa 
digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
V. Perangkat yang mendukung PBX
a. Voicemail dan Voice conference
 
   Voice Mail System (juga dikenal sebagai voice mail, pesan suara atau 
bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna 
dan pelanggan untuk bertukar pribadi pesan suara ; untuk memilih dan 
menyampaikan informasi suara; dan untuk memproses transaksi yang 
berkaitan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, dengan 
menggunakan telepon biasa.
b. Interactive Voice Response (IVR)
Respon
 suara interaktif (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan komputer 
untuk berinteraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada
 input melalui keypad.
Dalam telekomunikasi, IVR 
memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem host perusahaan 
melalui tombol telepon atau dengan pengenalan suara, setelah itu mereka 
dapat melayani pertanyaan mereka sendiri dengan mengikuti dialog IVR. 
Sistem IVR dapat merespon dengan rekaman atau dinamis audio ke pengguna 
langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan. aplikasi IVR dapat 
digunakan untuk mengontrol hampir semua fungsi di mana antarmuka dapat 
dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana. sistem IVR dikerahkan 
dalam jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan besar.
c. Automatic Call Distribution (ACD)
Panggilan
 otomatis distributor (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis, 
adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke 
kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan pelanggan, 
nomor telepon pelanggan, operator jalur masuk ke sistem, atau waktu 
panggilan diproses. Hal ini sering bagian dari komputer integrasi 
telepon (CTI) sistem.
d. Computer Telephony Integration 
Komputer
 integrasi telepon, juga disebut integrasi komputer-telepon atau CTI, 
adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan interaksi pada 
telepon dan komputer untuk diintegrasikan atau dikoordinasikan. Istilah 
ini terutama digunakan untuk menggambarkan desktop yang interaksi 
berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien.
e. Unified Messaging System (UMS)
Terpadu
 messaging system (atau UMS) adalah pemasaran kata kunci yang 
menggambarkan upaya mengintegrasikan elektronik yang berbeda messaging 
dan komunikasi media yang ( e-mail , SMS , fax , pesan suara , pesan 
video , dll) teknologi ke dalam satu antarmuka, dapat diakses dari 
berbagai berbeda perangkat. Sementara sistem komunikasi tradisional 
menyampaikan pesan ke dalam beberapa jenis toko seperti voicemail 
sistem, server e-mail, dan berdiri sendiri mesin fax, dengan Unified 
Messaging semua jenis pesan disimpan dalam satu sistem. pesan voicemail,
 misalnya, dapat disampaikan langsung ke inbox pengguna dan bermain baik
 melalui headset atau speaker komputer.
f. Fax Server & Fax on Demand
Sebuah
 server faks adalah sistem dipasang di jaringan area lokal (LAN) server 
yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN 
untuk mengirim dan menerima pesan fax.
g.  Call Recording System
h. Billing System
Sistem
 billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan
 mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada dasarnya sistem billing 
merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software.
i.  Web-based Management System.
Perangkat
 lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan
 informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan 
yang dapat diakses di Internet. manajemen proyek memerlukan proses 
seperti penjadwalan, menghitung jalur kritis, membangun jadwal, membuat 
daftar tugas, mengelola sumber daya, pengendalian dokumen dan memberikan
 jejak audit. Masing-masing proses dapat dikontrol dan kadang-kadang 
otomatis melalui solusi software manajemen proyek.
Kebutuhan Bagian Komunikasi Pbx Pada Server Softswitch 
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC
 atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi untuk 
mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi 
elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan 
karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling
 gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan 
jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan 
SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh 
mekanismepensinyalan SS7.
3. Media Gateway (MG)
Media
 gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam
 jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari 
jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan 
akses pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access 
gateway
Trunk gateway adalah mediagateway yang 
menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik
 dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan 
proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang 
berbeda beda, baik format sinyalt rafik maupun signalling atau 
protokolnya.
Access gateway adalah media gateway yang 
menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan 
softswitchdengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media
 server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan
 kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal 
processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas 
itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani 
oleh suatu Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah 
media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau 
pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leasedcircuit, 
v.52, DSL, HFC, dan radio akses.
5. Feature Server
Untuk
 Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, 
multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan
 layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch 
tersebut. Contoh :gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah
 elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan
 jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing, 
monitoring,statistik, dll.
VI. Troubleshoot PBX
A. Trouble Shoot PBX
Yang Anda butuhkan
• Komputer
• Program akses remote
• izin administratif
Langkah-langkahnya seperti berikut :
- Periksa
 koneksi ke perangkat beroperasi pada PBX. Ini mencakup semua kabel 
telepon, terutama kabel utama yang berjalan dari dinding ke konektor 
yang terletak di bagian belakang yang paling konsol.
- Reset
 perangkat PBX. Cabut kabel utama yang dijelaskan pada Langkah 1 untuk 
satu menit. Hubungkan kembali kabel dan panggilan tes inbound dan 
outbound. Jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke Langkah 3.
- Log
 on ke program akses komputer radio PBX sebagai administrator. Jika Anda
 tidak memiliki hak akses administratif, Anda tidak dapat mengakses 
pengaturan yang diperlukan untuk melanjutkan pemecahan masalah PBX.
- Cari
 dan klik "Pemeliharaan" pilihan di bagian atas layar. Gulir ke "Event 
Log" dan klik untuk melihat kesalahan yang dikenal dengan PBX Anda. 
Gulir sepenuhnya melalui daftar karena beberapa jenis acara akan 
terdaftar. Gunakan "Filter" pilihan untuk mengatur preferensi untuk 
pesan yang terdaftar.
- Klik
 dua kali pesan kesalahan untuk melihat rincian. Pesan-pesan ini 
memberikan tanggal tertentu, waktu, dan rincian yang berkaitan dengan 
kesalahan dalam PBX Anda dan status. Dari sini Anda dapat 
mengidentifikasi penyebabnya dan memperbaiki kesalahan untuk PBX Anda.
- Tutup
 "Event Log" dan segera membuka kembali. Klik "Filter" untuk mengatur 
acara untuk tanggal saat ini. Ini akan menunjukkan jika kesalahan telah 
diperbaiki. Jika kesalahan berlanjut, hubungi operator telepon layanan 
Anda atau produsen perangkat PBX Anda untuk bantuan lebih lanjut.
- Log
 out dari program akses remote ketika Anda selesai. Hal ini untuk 
mencegah pengguna yang tidak sah untuk mengakses tugas-tugas 
administratif dari PBX Anda.
B. Bagaimana Program PBX
.
Yang Anda butuhkan
- perangkat lunak komputer dan konektivitas
- panduan pengguna PBX
Langkah-Langkahnya sebagai berikut :
- Masuk
 ke portal administrasi PBX dengan perangkat lunak komputer dan 
konektivitas.Kebanyakan produsen memasok software ini untuk PBX dengan 
pembelian sistem.
- 
 Mengatur sambung untuk sistem. Sambung memberitahu sistem apa yang 
nomor ekstensi yang untuk memulai dan bagaimana untuk mendapatkan garis 
luar, kode akses fitur dan jumlah untuk konsol petugas. Mengatur jumlah 9
 untuk mendapatkan saluran luar dan 0 untuk konsol operator.
- Mengkonfigurasi
 parameter sistem dan kode akses fitur. parameter sistem mengatur musik 
ditahan, caller id, sistem tanda bahaya dan berbagai pilihan pengobatan 
panggilan. Kode akses fitur yang angka yang Anda dapat memanggil untuk 
mengakses fitur sistem seperti konferensi, panggilan cepat, taman 
panggilan, cakupan panggilan, panggilan pickup dan mentransfer panggilan
 antara lain. Gunakan 1-3 digit angka dan memastikan mereka tidak dapat 
ditemukan pada bagian angka yang Anda rencanakan untuk ekstensi.
- Mengatur
 Kelas Pembatasan dan Kelas layanan tabel tables.These mengatur kelompok
 izin untuk menetapkan ke pengguna. Izin adalah fitur seperti panggilan 
jarak jauh, ketersediaan call forwarding, prioritas panggilan dan 
lain-lain. Batasi panggilan jarak jauh hanya para pengguna yang 
membutuhkan akses dengan tabel ini.
- Mengkonfigurasi
 batang dan outbound routing. Batang adalah saluran telepon yang 
digunakan untuk panggilan inbound dan outbound terhubung ke operator 
pertukaran lokal, kadang-kadang disebut sebagai perusahaan telepon. 
Mengaturnya dalam kelompok-kelompok. kelompok trunk adalah batang atau 
saluran telepon yang melayani jenis yang sama dari panggilan. 
Mengkonfigurasi mereka di panggilan lokal dan kelompok jarak jauh. 
Mengatur routing sehingga perjalanan panggilan keluar keluar jalur 
paling mahal.
- Mengkonfigurasi
 perangkat lunak untuk telepon set di PBX. Mengatur port, jenis ponsel, 
nama display, tombol fitur, penampilan line, menelepon izin dan tombol 
panggilan cepat untuk setiap telepon Anda ingin menginstal.
- Mengatur
 layanan lain seperti garis analog fax, telepon konferensi, konferensi 
video, paging, musik ditahan, konektivitas IP dan layanan untuk agen 
call center. layanan call center termasuk masuk routing, kelompok 
berburu, memanggil vectoring, nomor identifikasi agen, tombol login dan 
panggilan tunggu indikator. kelompok berburu adalah angka yang pelanggan
 menelepon untuk layanan; sebut vectoring adalah petunjuk aliran 
panggilan rinci antara kelompok berburu dan agen.
C. Cara menggunakan PBX sistem
PBX
 telepon menawarkan banyak pilihan yang garis tanah biasa tidak 
memiliki. Setelah ekstensi Anda sudah diatur, Anda dapat menggunakan 
telepon Anda untuk meneruskan panggilan, mengirim surat suara ke alamat 
email atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain.
Membuat
 panggilan ke ekstensi lainnya pada jaringan PBX Anda hanya dengan 
mengangkat gagang telepon dan menghubungi perpanjangan empat digit. Anda
 juga dapat menghubungi saluran luar dengan menekan 0 atau 1, tergantung
 pada konfigurasi sistem anda, maka nomor 10-digit.
Mengakses
 pesan suara Anda dengan mengambil penerima, menekan tombol voice mail 
dan panggilan kode keamanan Anda jika telah ditetapkan. Anda dapat 
menyimpan atau menghapus pesan dengan menekan tombol menyala pada layar 
telepon. Jika Anda jauh dari kantor Anda, menghubungi nomor telepon 10 
digit dan tekan tombol tanda bintang ketika petugas otomatis mengambil, 
kemudian masukkan kode keamanan Anda untuk mengakses pesan suara Anda.
Mentransfer
 panggilan masuk ke ekstensi lain dengan menekan tombol "Trns" tombol 
pada ponsel, maka panggilan ekstensi yang Anda ingin mengirim panggilan,
 dan akhirnya gantung penerima. Hal ini berguna untuk ketika penelepon 
memanggil ekstensi Anda dengan kesalahan. Ada dua metode untuk 
mentransfer: buta mentransfer, ketika Anda tidak menunggu ekstensi untuk
 menjemput, dan diawasi mentransfer, di mana Anda menunggu sampai 
ekstensi mengambil sehingga Anda dapat memperkenalkan dua pihak.
Telepon
 masuk ditahan dengan menekan tombol "Hold" dan menggantung penerima.Ini
 akan menempatkan pemanggil ditahan untuk beberapa waktu sebelum telepon
 berdering lagi, menandakan bahwa penelepon masih memegang. Tergantung 
pada jenis ponsel dan sistem PBX yang Anda miliki, mungkin ada cahaya 
yang berkedip pada layar telepon untuk membiarkan Anda tahu apa garis 
penelepon adalah pada.
Masuk ke halaman Web 
administrator dan berkonsultasi dengan panduan manual sistem anda 
pengguna untuk menggunakan fitur lain dari sistem PBX spesifik Anda.
D. Cara menginstal sistem PBX  Telepon
PBX
 adalah singkatan dari "private branch exchange."Bisnis biasanya 
menggunakan jenis jaringan telepon pribadi. Setelah terinstal, karyawan 
berbagi sejumlah baris untuk membuat panggilan luar. Untuk menginstal 
sistem PBX, Anda harus memiliki PBX konsol, bersama dengan kabel telepon
 dan steker. Setelah Anda menginstal sistem, Anda harus mengujinya untuk
 memastikan bekerja.
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Tancapkan kabel telepon ke konsol PBX Anda di input yang mengatakan, "Telephone Line."
- Hubungkan ujung lainnya ke soket. Hal ini memungkinkan sistem PBX Anda untuk mengirim dan menerima panggilan telepon.
- Pasang
 konektor PBX ke dalam konsol. Pasang ujung lainnya ke stopkontak di 
dinding.Tunggu sistem PBX Anda untuk menerangi. Ini memungkinkan Anda 
tahu bahwa Anda telah menginstal sistem.
- Mengambil
 receiver untuk membuat panggilan. Dial ekstensi atau nomor telepon yang
 ingin dijangkau. Tunggu pemanggil untuk menjawab di ujung.
- Tunggu
 sistem untuk menelepon dan menyala, yang berarti Anda memiliki 
panggilan masuk. Mengangkat gagang telepon dan menjawab panggilan. Anda 
juga dapat menekan "Intercom" atau "Hands Free" untuk menjawab 
panggilan.
E. Cara Melihat kesalahan pada PBX
Troubleshooting
 sistem telepon dapat menjadi pengalaman menakutkan. Nortel PBX sistem 
yang kompleks, dan telah menjadi bahkan lebih menantang sebagai 
teknologi 
seperti Voice-over IP telah tumbuh dalam 
popularitas. fitur tambahan dan pilihan juga telah ditambahkan ke 
pengalaman melacak masalah sistem telepon intermiten atau sulit 
dipahami. Bekerja dalam sistem manajer PBX setiap membutuhkan kesabaran 
dan pengertian, dan perlu didekati dengan hati-hati. Informasi bisa 
sulit untuk menemukan, tetapi mengakses dan membaca setiap sistem 
kesalahan adalah tempat yang baik untuk memulai.
Yang Anda butuhkan
- akses jaringan Nortel PBX
- hak administratif
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Masuk
 ke Nortel PBX dari konsol atau dengan mengakses server melalui produk 
remote desktop seperti VNC. Meluncurkan manajer OTM dari shortcut 
desktop dan login dengan kredensial administratif.
- Klik
 "Maintenance" di bagian atas window manager OTM, kemudian pilih "Event 
Log Viewer." Gulir melalui daftar pesan untuk menemukan kesalahan sistem
 atau pesan. Klik dua kali pesan apapun untuk lebih jelasnya.
- Klik
 "View" untuk mengaktifkan atau menonaktifkan informasi opsional dalam 
daftar pesan. Klik "Filter" untuk mempersempit daftar kembali kesalahan 
dan pesan berdasarkan kriteria yang dibutuhkan Anda. Tutup Event Log 
Viewer ketika Anda selesai.
- Klik
 dua kali shortcut yang mewakili organisasi Anda di manajer OTM untuk 
membuka jendela baru. Klik tombol "Maintenance" di bagian atas jendela, 
kemudian klik "Events" untuk memulai penampil. Tunggu pemirsa untuk 
memuat acara, kemudian klik dua kali setiap listing untuk membaca lebih 
detail. Tutup Event Viewer ketika Anda selesai.
F. Bagaimana hubungkan telepon ke PBX
Ada
 3 tipe dasar telepon yang terhubung ke PBX, atau Swasta sistem Branch 
Exchange. Mereka adalah analog, digital dan VoIP telepon set. PBX adalah
 sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk 
set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan. Kategori 5 
kabel memungkinkan konektivitas ke semua tiga jenis ponsel dan memberi 
Anda fleksibilitas untuk mengubah jenis perangkat di lokasi manapun 
tanpa mengganti atau memodifikasi kabel tersebut.
Yang Anda butuhkan
- Datar dan obeng Phillips
- alat punch-down
- Kategori 5 kabel
- terminal blok atau patch panel
- konektor modular dan alat
     Langkah langkahnya sebagai berikut :
- Cari
 blok terminasi untuk sistem telepon PBX. Hal ini biasanya ditemukan 
terhubung ke lembar kayu lapis dipasang di dinding sebelah sistem 
telepon. Ini akan memiliki kabel yang terhubung ke dari PBX.
- Menemukan daerah untuk menginstal Kategori 5 jack telepon baru. Carilah jalur kembali ke daerah di mana titik terminasi berada.
- Pasang
 jack telepon ke dinding di lokasi yang diinginkan. jack permukaan 
digunakan di daerah-daerah yang ada dan siram gunung jack digunakan 
dalam konstruksi baru.Gunakan obeng untuk menginstal jack flush mount 
dan menginstal kotak listrik untuk konstruksi baru.
- Jalankan
 Kategori kabel 5 komunikasi dari terminal blok PBX atau patch panel 
untuk setiap lokasi jack. Memungkinkan 6 inci dari kelebihan kabel di 
ujung jack dan kabel cukup di sisi terminal blok untuk konektivitas yang
 tepat.
- Memeriksa
 terminal blok. Menemukan pola dari layanan yang ada atau mencari 
dokumentasi blok terminal. Hapus selubung dari ujung kabel dengan penari
 telanjang kawat dan mengakhiri kabel ke blok dengan alat pukulan-down 
dengan cara yang tepat. sistem kecil sering menggunakan modular patch 
yang panel dan RJ45 konektor untuk penghentian stasiun. Mengeriting 
konektor ini ke ujung-ujung kabel menggunakan alat crimping modular 
memastikan kabel berada di urutan yang tepat.Pasangan biru dan putih 
dianggap pasangan 1, oranye dan putih adalah pasangan 2, hijau dan putih
 sepasang 3 dan coklat dan putih adalah pasangan 4.
- Hapus
 sekitar enam inci dari selubung dari kabel di sisi jack. Hubungkan 
pasang twisted biru dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih untuk
 koneksi dua, hijau dan putih untuk koneksi tiga dan coklat dan putih 
untuk koneksi empat. Banyak Kategori 5 jack kode warna, sehingga mudah 
untuk dilakukan. Beberapa jack memerlukan penggunaan alat pukulan-down, 
sementara yang lainnya memerlukan obeng datar atau Phillips untuk 
menghubungkan kabel ke jack.
- Menghubungkan
 sisi terminal blok kabel ke sisi layanan PBX, baik menggunakan 
cross-connect atau Kategori 5 kabel patch yang. Jenis koneksi tergantung
 pada jenis blok terminasi. telepon analog menggunakan satu pasang, 
telepon digital menggunakan satu atau dua pasang dan telepon IP 
menggunakan empat pasang untuk konektivitas.
- Sambungkan telepon ke jack baru dan tes untuk konektivitas.
G. Cara menghubungkan Telepon SIP ke PBX
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Menentukan
 alamat IP bahwa ponsel SIP akan memiliki pada jaringan lokal Anda dan 
nomor ekstensi internal yang akan Anda gunakan untuk telepon. Putuskan 
apakah Anda akan menggunakan sandi otentikasi dengan telepon dan, jika 
demikian, apa password akan.
- Mengakses
 parameter setup pada telepon SIP. Masukkan alamat IP tetap telepon 
harus memiliki pada jaringan, nomor ekstensi internal dan password jika 
Anda menggunakan otentikasi.
- Login
 ke panel administrasi PBX Anda sebagai administrator untuk menambahkan 
rute untuk telepon SIP. Membuat ekstensi baru, masukkan nomor ekstensi, 
password jika Anda menggunakan otentikasi dan alamat IP dari telepon 
SIP.
- Mengatur
 fitur lain yang terkait dengan ekstensi, seperti voice mail, call 
forwarding dan merekam panggilan. Menyimpan perubahan dan restart 
layanan telepon, jika perlu.
- Menguji
 ponsel baru dengan memanggil ke dalam ekstensi dari ponsel dan dari 
telepon internal untuk memastikan panggilan sedang diarahkan dengan 
benar.
H. Cara Telepon PBX bekerja
PBX Set Up
Pada
 abad ke-20, pertukaran cabang pribadi awalnya berlari pada teknologi 
analog, tapi sekarang PBX sistem sudah digital. PBX umum meliputi 
beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang berakhir pada pertukaran 
perusahaan. Ia juga memiliki beberapa jalur internal yang mengarah ke 
bursa ponsel dalam. Sebuah komputer mengelola panggilan, beralih mereka 
dari satu baris ke yang lain sesuai dengan nomor yang dipanggil. Sebuah 
PBX digital tidak memerlukan operator manusia, meskipun beberapa 
perusahaan masih menggunakannya.
VoIP untuk PBX
Beberapa
 bursa bergantung pada teknologi VoIP - Voice Over Internet Protocol. 
sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon ke paket data dan 
mengirimkannya melalui jaringan komputer. Sebuah perusahaan pengembalian
 investasi menggunakan VoIP akan bervariasi tergantung pada layanan 
telepon yang digunakannya. Dibandingkan dengan PBX biasa, VoIP atau 
pemotongan tukar IP biaya karena perusahaan dapat menggunakan satu 
jaringan untuk panggilan telepon dan data, bukan dua. Alih-alih 
switchboard pusat, PBX memiliki server pusat. Telepon di kantor memiliki
 perangkat lunak atau perangkat keras untuk menghubungkan ke server.
virtual PBX
Alih-alih
 bisnis mendirikan pertukaran dalam gedung, sebuah PBX virtual ternyata 
bahwa tanggung jawab ke perusahaan lain. Dari sudut bisnis pandang, 
semuanya bekerja sama, tetapi tanpa salah satu teknologi di tempat. 
Memiliki perusahaan lain menyediakan layanan virtual PBX menawarkan 
beberapa keuntungan: Tidak ada batas fisik pada jumlah baris dan mudah 
untuk menambahkan lebih banyak bila diperlukan.Virtual sistem PBX juga 
dikenal sebagai host PBX.
Centrex
Bisnis
 dapat mengelola sistem telepon mereka tanpa PBX. Sebuah Centrex - 
pertukaran kantor pusat - memiliki perusahaan telepon memberikan setara 
dengan PBX.Perusahaan telepon lokal cadangan bagian dari jaringan untuk 
bisnis membayar untuk layanan Centrex. peralatan mungkin off-site, 
seperti PBX virtual, atau dipasang pada tempat usaha. Either way, itu 
tugas perusahaan telepon untuk mempertahankan dan meningkatkan itu, 
bukan pelanggan.
VII. Konfigurasi pada IP PBX
IP
 PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang 
menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi 
telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang 
mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP 
Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, 
pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol 
komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta 
pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, 
Access Gateway, dan Trunk Gateway.
   Solusi berbasis 
IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau 
dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat 
mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan 
telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless
 (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
    IP 
PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi 
teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi 
yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah 
Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), 
Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI),
 Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call 
Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.
 
   IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC
 R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line 
E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog 
FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP 
(H.323/SIP/IAX).
makasih banyak min,
ReplyDeletesolder uap
sama sama
Deletesemoga bermanfaat :)
ReplyDeleteterimakasih atas infonya
ReplyDeletepinset lurus
Jenis jenis pbx apa ya?
ReplyDeleteElemen-elemen pembentuk arsitektur pbx apa kak?
ReplyDeleteit means yare yare daze
ReplyDelete